TEKNOLOGI INFORMASI MENINGKATKAN DERAJAT PEREMPUAN

by - April 21, 2016

Ingin mendapatkan tool dan tutorial pemrograman gratis? Kunjungi Intel Developer Zone http://sh.teknojurnal.com/witidz

            
            Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi sangat berkembang pesat di berbagai belahan dunia, termasuk indonesia. Semakin hari, semakin banyak penemuan baru yang didapatkan dan di manfaatkan oleh banyak orang sehingga dapat mempermudah aktivitas seseorang. Tidak heran perguruan tinggi di Indonesia juga banyak membuka jurusan yang berkaitan dengan teknologi.

Sebagai seorang mahasiswa jurusan sistem informasi, saya memiliki beberapa alasan mengapa saya tertarik dengan jurusan ini. Beberapa alasan saya dari sekian banyak alasan yaitu teknologi mempermudah saya, sebagai seorang perempuan, mendapatkan banyak informasi tanpa harus berinteraksi langsung dengan banyak orang di luar. Alasan lainnya yaitu, di era serba canggih ini, perempuan lebih banyak menggunakan manfaat dari teknologi informasi untuk meningkatkan finansial, minat dan bakatnya.

Teknologi mempermudah saya dan kaum perempuan di luar sana mendapatkan informasi yang lengkap tanpa harus bergelut dengan orang luar secara langsung. Misalnya saja dahulu seorang ibu rumah tangga akan lebih terlihat kurang update, kurang tau informasi  dibandingkan dengan wanita karir yang bergelut dengan banyak orang dikantor sehingga memiliki banyak informasi yang didapatkan. Sekarang, tidak hanya wanita karir yang dapat dengan mudah mendapatkan informasi melainkan ibu rumah tangga yang biasanya hanya berada dirumah dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkini hanya dengan sebuah gadget bahkan tidak tanggung-tanggung, informasi yang di dapatkan bisa lebih banyak daripada informasi yang didapatkan oleh wanita karir. Dari sisi mahasiswa, saya merasa sangat terbantu dengan adanya teknologi informasi karena mempermudah saya belajar mengenai teknologi yang tidak ada habis-habisnya. Bahkan bila kita benar-benar memanfaatkannya secara menyeluruh, kita (perempuan) dapat berada di derajat yang sama dengan laki-laki maupun bisa berada di derajat yang lebih tinggi dari laki-laki.


Pertama sekali yang terbesit dipikiran saya, saat saya akan mendaftar di fakultas komputer yaitu, banyaknya mahasiswa laki-laki dibandingkan mahasiswi perempuan. Ternyata apa yang selama ini ada di benak saya tidak sepenuhnya benar. Jumlah mahasiswi di fakultas saya terlihat cukup banyak dan hampir menyamakan jumlah mahasiswa laki-laki. Awalnya pula saya mengira akan susah bersaing dengan mahasiswa laki-laki yang notabene tidak gagap soal komputer dan seluk beluknya. Ternyata saya berhasil meraih IPK tinggi dan mengalahkan mahasiswa laki-laki di kelas saya khususnya mata kuliah algoritma dan pemrograman. Saya juga semakin tetarik belajar pemrograman dan memahaminya lebih jauh lagi.

Teknologi banyak di manfaatkan perempuan untuk menyalurkan bakat, minat, dan meningkatkan finanasial. Tidak heran bila sekarang online shop sangat menjamur di berbagai social media. Bila diperhatikan, semua online shop dikelola oleh perempuan mulai dari berjualan barang fashion, makanan, hingga alat kecantikan. Bisnis online menjadi lapak menggiurkan bagi perempuan. Bagaimana tidak? Kita tidak perlu lagi menyewa tempat, menjaga toko berjam-jam untuk berjualan. Sekarang hanya dengan sebuah gadget kita bisa berjualan tanpa harus membayar biasa sewa toko bahkan tidak perlu menjaga toko. Kaum hawa bisa berjualan sambil memasak, mencuci, bersantai, mengurus anak dan sambil melakukan aktivitas lainnya tanpa harus merasa terganggu waktu sehari-harinya.

Sebagai mahasiswa, kita tidak perlu takut lagi merasa kehilangan banyak waktu bila berjualan. Malah bisa dikatakan tidak pintar mahasiswa apabila masih takut memanfaatkan teknologi dengan alasannya takut mengganggu kuliah, takut tidak bisa membagi waktu dengan jadwal organisasi atau alasan lainnya yang tidak logis. Saya sendiri sebagai mahasiswa masih bisa memanfaatkan internet untuk menyalurkan minat saya untuk menulis lewat blog dan berjualan melalui social media tanpa harus takut tidak bisa membagi waktu kuliah dan organisasi yang  saya ikuti.

Itulah beberapa alasan mengapa saya tertarik berada di jurusan sistem informasi yang berbau teknologi. Saya berpikir, nantinya saya akan bisa menjual hasil ilmu saya belajar diperkuliahan kepada masyarakat seperti menjadi web designer dan programmer handal yang bisa mengalahkan kaum adam yang selama ini identik dengan teknologi. Saya juga yakin bahwa teknologi informasi memberikan banyak kemudahan bagi kaum hawa untuk meningkatkan derajatnya.





Intel RealSense

You May Also Like

0 Comments